Manisnya Berjualan di Marketplace

Sumber gambar: www.wav2.com


Banyak orang yang sudah memiliki rencana untuk berjualan online namun karena terlanjur sudah memiliki mindset "nanti ah, belum punya website" pasti ujungnya hanya menjadi rencana di langit yang tidak akan kita ambil.

Apakah Anda termasuk yang demikian?

Bila iya, Anda telah membuang waktu demi waktu yang mana Anda bisa memulai 'berjualan' tanpa harus memiliki website pribadi. Yups, tempat tersebut adalah tempat bernama marketplace. Sebuah situs yang sudah mengalahkan beberapa forum jual beli yang telah memiliki nama seperti kaskus. Tak lain marketplace tersebut adalah bukalapak dan tokopedia.

Saya, dan orang terdekat saya memiliki pengalaman memulai pertama kali berjualan di bukalapak. Dengan bermodal sedikit pengetahuan tentang produk yang dikirim langsung dari tempat supplier,kami sudah mulai membuka toko kami. Bagaimana sih langkah-langkah yang harus dilakukan?

1. Menyiapkan Toko
Menyiapkan toko ini harus dimulai dari nama, logo, dan deskripsi toko Anda di marketplace. Apa saja yang Anda jual, deskripi lapak, dan peraturan-peraturan dalam toko milik Anda. Pastikan toko Anda memiliki nama dan logo yang unik serta memiliki ciri khas tersendiri dibanding toko lainnya.

2. Menyiapkan Produk
Setelah toko siap, selanjutnya produk apa yang ingin Anda jual di marketplace tersebut. Apakah Anda menyetok barang atau mengirimnya dari dropshipper. Bila Anda ingin menyetok barang, Anda harus menyiapkan modal untuk pengadaan barang dan harus yakin stok akan lekas terjual agar tidak menjadi stok mati. Namun bila Anda ingin melakukan trial and error, cukup menjadi reseller dengan melakukan dropship terlebih dulu. Menjadi reseller tidak perlu menyetok barang karena Anda hanya perlu memesan kalau ada order.

3. Kroscek Di Marketplace
Bandingkan tiap produk yang dijual di marketplace. Sudah paling murah dan paling orisinil kah produk Anda? Bila belum, tak ada salahnya mengambil untung sedikit asal banyak transaksi. Bila terlihat toko Anda sudah banyak transaksi, secara tak langsung Anda sedang membangun image sebagai recomended seller.

3.Mempublish
Bila Anda menyetok barang, lakukan pengambilan gambar yang menarik. Dengan pengambilan gambar dari berbagai sisi yang bisa menarik calon konsumen untuk membeli. Bila Anda tidak menyetok barang, cukup copy picture dari website dropshipper. Jangan lupa deskripsi yang ringkas dan padat namun mudah dimengerti.

4. Menunggu Order Masuk
Setelah selesai, berikutnya adalah menunggu order masuk. Jangan lupa untuk sering mem "push" produk Anda bila Anda berjualan di bukalapak. Dengan sering mem push produk, produk Anda akan selalu berada di urutan paling atas di tiap  kategorinya.

Mudah kan berjualan di marketplace? Ga perlu pusing mikin domain, biaya pemasaran, dan pengadaan produk. Tinggal tekan-tekan layar smartphone, uang masuk ke rekening Anda.
Selamat berselancar!


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Manisnya Berjualan di Marketplace"

Posting Komentar