Mengapa Anda Harus Fokus Pada Satu Bidang Bisnis?

Fokus Bisnis


Sebagian besar orang, termasuk Anda, mungkin beranggapan dengan memiliki banyak bisnis yang berbeda-beda bisa disebut sebagai pengusaha sukses. Anggapan tersebut belum sepenuhnya benar. Banyak alasan mengapa Anda diharuskan fokus terlebih dulu terhadap satu bidang bisnis saja. Apalagi bila bisnis itu murni dimulai dari awal. Anda harus mengurus lebih dulu sampai bisnis Anda berkembang, bukan? Simak alasannya berikut ini mengapa Anda harus fokus pada satu bidang bisnis.


1.    Waktu Lebih Efektif
Diperlukan suatu perencanaan yang matang dalam membangun sebuah bisnis entah itu menentukan produk sampai segmentasi pasarnya. Dengan berfokus di satu bidang bisnis saja, Anda akan berfikir bagaimana cara membuat bisnis terus berkembang. Lain hal bila Anda menekuni bisnis lainnya, waktu yang seharusnya digunakan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani malah terbuang sia-sia. Bahkan bukan hanya waktu, uang Anda juga akan ikut terpakai. Ujungnya malah tidak ada satu pun yang berkembang karena fokus Anda sudah terbagi-bagi. Semakin banyak bisnis yang Anda jalani, semakin banyak pula waktu dan biaya yang diperlukan.
(Baca juga: 3 Trik Utama Membangun Bisnis Tanpa Modal)

2.    Pengembangan
Ketika bisnis sudah dijalani, ada fase di mana sebuah bisnis mengalami perkembangan setelah melalui fase perkenalan (introduction). Fokus hanya pada satu bidang bisnis akan membuat Anda totalitas dalam meningkatkan brand dari bisnis yang tengah dijalani. Banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika Anda memilih untuk fokus. Anda bisa menyiapkan strategi pemasaran offline maupun online. Dengan pemasaran di segala bidang akan membuat bisnis Anda semakin dikenal luas.

3.    Jalani Bila Bisnis Utama sudah Stabil
Bila bisnis utama Anda sudah memiliki pondasi yang kuat dan sistem yang memadai, Anda bisa mengerjakan rencana lama Anda untuk membuka bisnis baru. Usahakan bisnis tersebut masih berkaitan, sehingga bisa menunjang bisnis yang sedang Anda jalani. Apalagi memang tidak ada aturan baku bagi siapapun untuk membuka bisnis lain. Anda diharuskan untuk fokus terlebih dulu dan bisa berpikir bisnis lain bila memang bisnis utama sudah stabil. Juga yang harus Anda ingat, pastikan cash flow bisnis lain pilihan Anda dapat berjalan dan tidak mengganggu bisnis utama yang tengah dijalani.

Demikian artikel mengapa Anda harus fokus pada satu bidang bisnis. Semakin Anda fokus menjalani bisnis yang sedang dijalani, semakin besar peluang Anda meraih sukses dari bisnis tersebut. Semoga bermanfaat!


Sumber: bisnisukm.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Mengapa Anda Harus Fokus Pada Satu Bidang Bisnis?"

Posting Komentar