Tips Memasarkan Bisnis di Bidang Jasa

Memasarkan Bisnis Jasa

Produk bisnis berupa barang nyata memiliki caranya masing-masing untuk dipasarkan. Produk dapat langsung diambil gambarnya untuk kemudian dilempar ke target pasar. Lalu bagaimana bila bisnis yang Anda kelola adalah bisnis berupa jasa? Tentu ada cara khusus dalam memasarkannya, mengingat yang harus Anda tonjolkan dalam produk jasa adalah pelayanan kepada konsumen. lalu bagaimana kiat untuk memasarkannya? Simak tips memasarkan bisnis di bidang jasa berikut ini.


1.    Berikan Layanan Maksimal
Kepuasan konsumen adalah harapan setiap pemilik usaha jasa. Dengan konsumen yang merasa puas atas pelayanan, konsumen akan memberikan rekomendasi jasa Anda kepada orang terdekat mereka, bahkan bisa juga kepada orang yang baru mereka kenal. Oleh karenanya, memiliki orientasi untuk terus memberikan kepuasan kepada konsumen sangat diharuskan.

2. Jaga Kepercayaan Konsumen
Dalam usaha apapun, menjaga kepercayaan konsumen amatlah penting. Jika konsumen sudah mempercayakan layanannya pada Anda, pertahankan agar mereka tidak merasa kecewa di kemudian hari. Misal, jika Anda memiliki jasa usaha laundry. Bila konsumen sudah berlangganan untuk mencuci di tempat Anda, hindari hal-hal yang akan membuat mereka kecewa. Seperti waktu pengerjaan yang terlambat atau cucian yang luntur.

3. Manfaatkan Sosial Media
Sosial media menjadi market paling luas bagi Anda untuk mempromosikan bisnis. Dengan biaya minim bahkan tanpa biaya, Anda bisa langsung membidik target market Anda. Tampilkan konten sebaik mungkin di sosial media yang Anda gunakan seperti facebook atau twitter. Konten dapat berupa hasil jasa yang telah Anda buat dari proses pengerjaan sampai berhasil. Misal ketika Anda membuka usaha jasa salon atau tata rambut, Anda dapat mengambil foto client sebelum dan sesudah rambutnya Anda tata. Adanya gambar before dan after service dapat memberikan gambaran bagi konsumen bagaimana kualitas pelayanan Anda.

4. Bergabunglah dengan Komunitas
Untuk bisnis jasa tertentu, bergabung dengan komunitas amatlah penting. Selain dapat memperluas jaringan, skill Anda terhadap bisnis yang Anda jalani akan terus ter-upgrade. Contoh, bila Anda memiliki jasa fotografi, bergabung dengan komunitas fotografer akan membuat wawasan Anda tentang dunia fotografi dapat terus bertambah. Di dalamnya Anda akan terus belajar dan mendapatkan sharing pengalaman dari para fotografer professional.

5. Lakukan Bisnis Sepenuh Hati
Membuka bisnis jasa adalah membantu seseorang mempermudah urusannya dan mencapai tujuannya. Secara tidak langsung Anda tidak hanya meraih materi, tapi juga mengamalkan ilmu yang Anda miliki. Misalnya saja Anda membuka bisnis jasa modifikasi motor dan membantu seseorang memodifikasi motornya. Setelah itu pengguna jasa Anda mengikuti sebuah lomba dan memenangkannya, hingga kemudian ceritanya dimuat di media cetak. Lalu tidak Anda duga, jasa Anda juga ikut dimuat di media cetak, yang membuat jasa Anda semakin banyak dikenal oleh banyak orang.

Demikian artikel tips memasarkan bisnis di bidang jasa. Inti dari semua itu adalah pelayanan. Dengan pelayanan yang memuaskan, konsumen akan trust kepada bisnis Anda sehingga bisnis Anda dapat semakin berkembang.


Sumber: mebiso.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Memasarkan Bisnis di Bidang Jasa"

Posting Komentar