Tahun 2016 telah tiba. Apakah Anda sudah semakin siap dalam
menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016? Persaingan perdagangan di tahun
ini akan semakin ketat karena pasar asing semakin bebas masuk ke negeri kita. Ketatnya
persaingan bukan hanya akan terjadi dalam perdagangan, tapi juga trik pemasaran
yang berlomba-lomba akan dilakukan pelaku usaha di tahun ini demi tetap survive
dalam mengembangkan usahanya.
Agar produk lokal Anda tidak kalah bersaing, langkah
strategis yang bisa Anda lakukan adalah berinovasi pada kemasan produk Anda. Karena
konsumen kebanyakan tidak lagi melihat dari mana suatu produk yang mereka
inginkan berasal, tapi dari menarik atau tidaknya kemasan tersebut. Apalagi sekarang ini
kemasan produk menjadi faktor penentu apakah produk tersebut dapat diterima di
pasaran atau tidak. Sehingga, agar dapat memenuhi target penjualan produk dalam
menghadapi MEA 2016, cara pengemasan harus menjadi perhatian utama dan dapat dilakukan dengan baik.
Untuk mendesain kemasan produk, Anda harus berkreativitas
dengan menyesuaikan produk dengan desain yang sesuai. Bila produk Anda sudah
banyak dijual di pasaran oleh penjual lain, maka Anda harus membuat desain
kemasan yang unik dan berbeda dari penjual lainnya. Pilih desain yang inovatif
dan marketable yang belum dibuat oleh
siapapun. Keunikan tersebut akan menjadi ciri khas brand usaha produk Anda.
Produk satu jenis yang memiliki banyak merk contohnya adalah
makanan. Para pelaku bisnis menyiasatinya dengan warna, gambar, dan ukuran
kemasan yang berbeda-beda. Keunikan tersebut akan mudah diingat karena ciri
khasnya sudah sangat melekat dan sudah memiliki tempat di hati para konsumen.
Bila Anda tidak mengacuhkan desain ini, Anda akan tergerus oleh kompetitor
bisnis Anda baik itu lokal maupun mancanegara dan gagal bersaing di MEA 2016.
Selain keindahan dan desain kemasan produk, hal lainnya yang
perlu Anda perhatikan adalah bahan kemasan yang Anda pilih. Apakah bahan dari
kemasan tersebut dapat menjaga kualitas produk Anda dalam waktu lama, dan
apakah kemasan produk tersebut dapat menjaga kualitas produk sampai tiba di
tangan konsumen Anda. Segala kerusakan yang dapat terjadi saat proses
distribusi sebaiknya dapat dihindari dengan bahan pengemasan yang kuat. Bila
itu demi terjaganya kualitas produk Anda, Anda tidak perlu berpikir panjang
akan dibutuhkannya dana yang lebih besar.
Demikian artikel berinovasi terhadap kemasan produk demi menghadapi MEA 2016. Semoga bermanfaat!
Sumber: ukmbisnis.com
0 Response to "Berinovasi Terhadap Kemasan Produk Demi Menghadapi MEA 2016"
Posting Komentar