Berinovasi Terhadap Kemasan Produk Demi Menghadapi MEA 2016



Inovasi Kemasan Produk MEA 2016


Tahun 2016 telah tiba. Apakah Anda sudah semakin siap dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016? Persaingan perdagangan di tahun ini akan semakin ketat karena pasar asing semakin bebas masuk ke negeri kita. Ketatnya persaingan bukan hanya akan terjadi dalam perdagangan, tapi juga trik pemasaran yang berlomba-lomba akan dilakukan pelaku usaha di tahun ini demi tetap survive dalam mengembangkan usahanya.


Agar produk lokal Anda tidak kalah bersaing, langkah strategis yang bisa Anda lakukan adalah berinovasi pada kemasan produk Anda. Karena konsumen kebanyakan tidak lagi melihat dari mana suatu produk yang mereka inginkan berasal, tapi dari menarik atau tidaknya kemasan tersebut. Apalagi sekarang ini kemasan produk menjadi faktor penentu apakah produk tersebut dapat diterima di pasaran atau tidak. Sehingga, agar dapat memenuhi target penjualan produk dalam menghadapi MEA 2016, cara pengemasan harus menjadi perhatian utama dan dapat dilakukan dengan baik.

Untuk mendesain kemasan produk, Anda harus berkreativitas dengan menyesuaikan produk dengan desain yang sesuai. Bila produk Anda sudah banyak dijual di pasaran oleh penjual lain, maka Anda harus membuat desain kemasan yang unik dan berbeda dari penjual lainnya. Pilih desain yang inovatif dan marketable yang belum dibuat oleh siapapun. Keunikan tersebut akan menjadi ciri khas brand usaha produk Anda.

Produk satu jenis yang memiliki banyak merk contohnya adalah makanan. Para pelaku bisnis menyiasatinya dengan warna, gambar, dan ukuran kemasan yang berbeda-beda. Keunikan tersebut akan mudah diingat karena ciri khasnya sudah sangat melekat dan sudah memiliki tempat di hati para konsumen. Bila Anda tidak mengacuhkan desain ini, Anda akan tergerus oleh kompetitor bisnis Anda baik itu lokal maupun mancanegara dan gagal bersaing di MEA 2016.

Selain keindahan dan desain kemasan produk, hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah bahan kemasan yang Anda pilih. Apakah bahan dari kemasan tersebut dapat menjaga kualitas produk Anda dalam waktu lama, dan apakah kemasan produk tersebut dapat menjaga kualitas produk sampai tiba di tangan konsumen Anda. Segala kerusakan yang dapat terjadi saat proses distribusi sebaiknya dapat dihindari dengan bahan pengemasan yang kuat. Bila itu demi terjaganya kualitas produk Anda, Anda tidak perlu berpikir panjang akan dibutuhkannya dana yang lebih besar.

Demikian artikel berinovasi terhadap kemasan produk demi menghadapi MEA 2016. Semoga bermanfaat!

Sumber: ukmbisnis.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Berinovasi Terhadap Kemasan Produk Demi Menghadapi MEA 2016"

Posting Komentar