Kiat Menghadapi Persaingan dalam Berbisnis Online


Menghadapi Persaingan Bisnis Online

Langkah paling strategis dan tepat untuk membuka toko online adalah membuat website sendiri. Sayangnya tidak semua orang mampu mengelolanya dengan maksimal, sehingga di antara mereka sudah menyerah sebelum toko onlinenya mencapai kesuksesan. Salah satu alasan mereka mundur dari dunia bisnis online adalah tidak mampu menghadapi persaingan yang semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu.


Banyak cara yang bisa dilakukan para pelaku bisnis untuk menghadapi persaingan tersebut. Namun sayangnya cara yang digunakan masih belum tepat, karena strategi yang dijalankan kompetitor lebih elegan dan tepat sasaran. Akhirnya jalan alternatif yang dapat ditempuh adalah memberikan potongan harga. Risikonya, keuntungan yang Anda peroleh sebagai pelaku bisnis semakin kecil meski angka penjualannya meningkat. Bila hal itu terus menerus Anda lakukan, toko online Anda bukan mengalami kemajuan, tapi malah mengalami kebangkrutan.

Lalu, apa yang mesti dilakukan para pebisnis online guna menghadapi kondisi seperti itu? inilah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat tetap survive dalam menghadapi kompetitor.

1.    Produk Unggulan Toko Online
Hal utama yang dapat dijual di toko online adalah produk. Anda tidak perlu panik melihat kompetitor yang begitu mudahnya menarik hati para pelanggan. Mungkin ada kelebihan yang mereka miliki seperti produk yang tidak bisa didapatkan di tempat Anda. Untuk itu, Anda dapat membandingkan produk yang Anda miliki dengan yang dimiliki oleh kompetitor. Setelah itu Anda dapat memperhatikan apa saja produk yang tidak dimiliki oleh kompetitor tersebut. Jadikan produk yang Anda miliki dan tidak dimiliki oleh kompetitor menjadi produk unggulan dalam bisnis Anda.

2.    Peningkatan kualitas Pelayanan dan Produk Toko Online

Selain pengadaan produk, yang perlu ditingkatkan lagi dalam menghadapi kompetitor adalah kualitas produk dan pelayanan toko online Anda. Kualitas produk yang buruk ditambah pelayanan yang tidak memuaskan hanya akan membuat konsumen kecewa hingga akhirnya berpaling dari toko online Anda. Sekali lagi, tidak perlu melakukan perang harga dengan diskon besar-besaran.  Anda cukup meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk dibanding yang bisa diberikan kompetitor. Jika cara Anda tepat, pelanggan akan tetap setia untuk berbelanja di toko online Anda.

Kualitas produk adalah aset penting dalam sebuah bisnis termasuk bisnis toko online. Pelayanan yang kurang memuaskan serta kualitas produk yang kurang baik akan membuat para pelanggan merasa kecewa dan kabur dari toko online Anda. Agar bisnis toko online terlihat menarik, Anda tidak perlu melakukan perang harga di hadapan konsumen dengan cara memberikan diskon besar-besaran. Cara yang perlu Anda pilih hanyalah meningkatkan kualitas pelayanan serta kualitas produk melebihi apa yang diberikan oleh kompetitor. Dengan begitu para calon pembeli akan datang ke toko online Anda dan para pelanggan pun akan senang dan tetap setia dengan toko online Anda.

3.    Fasilitas dan Kenyamanan bagi Konsumen
Lengkapnya sebuah produk dan pelayanan maksimal belum tentu menjadi ukuran toko online Anda sudah maksimal. Bila Anda sudah menggunakan website pribadi, pastikan konsumen dapat memiliki kemudahan dalam bertransaksi. Seperti mencari produk, memilihnya, sampai melakukan proses transaksi. Bila semua fasilitas yang dapat memberi kenyamanan bagi konsumen dapat terpenuhi, hal itu akan menjadi daya tarik yang dapat membedakan Anda dengan toko online lain.

4.    Terakhir, Anggap Kompetitor Sebagai Kawan

Tidak selalu seorang kompetitor dapat Anda anggap sebagai saingan. Jika hal ini selalu Anda lakukan, tidak menutup kemungkinan hubungan Anda dengan kompetitor tidak berjalan baik. Sudut pandang harus Anda ubah dengan menganggap kompetitor sebagai rekan. Bila Anda tidak sedang memiliki barang yang diinginkan konsumen, Anda dapat mengambilnya kepada kompetitor. Begitu pun sebaliknya, suatu saat kompetitor tersebut akan mengambil produk kepada Anda.

Demikian artikel kiat menghadapi persaingan dalam berbisnis online. Bila Anda dapat benar-benar menjalaninya, Anda akan dapat menjadi seorang pemenang di tengah persaingan bisnis toko online yang semakin menjamur.


Sumber: bisnisukm.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kiat Menghadapi Persaingan dalam Berbisnis Online"

Posting Komentar