Tips Mencari Karyawan untuk Bisnis Anda




Tips Mencari Karyawan untuk Bisnis

Apakah Anda tengah membutuhkan seorang karyawan untuk bisnis Anda? Bila iya, baiknya Anda tidak sembarangan dalam mencarinya. Dalam merekrut karyawan dibutuhkan keahlian, bakat, pengalaman, karakter, dan kepribadian yang baik. Maka faktor kedekatan, saudara, atau orang yang dikenal bukan menjadi ukuran seseorang dapat loyal dan bekerja dengan maksimal. Dibutuhkan orang yang tepat di tempat yang tepat. Salah-salah Anda akan mengalami kerugian materi bahkan pelanggan. Agar Anda tidak terjebak, simak tips mencari karyawan untuk bisnis Anda berikut ini.


1. Buatlah Daftar Kebutuhan Anda
Setelah Anda menentukan posisi dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, Anda dapat membuat daftar skill dan karakter yang dibutuhkan dari kandidat yang Anda cari. Apakah Anda membutuhkan seseorang dengan karakter yang aktif dan enerjik atau yang tenang dan kalem. Yang paling penting, calon karyawan harus memiliki sikap ulet, kreatif, inisiatif, serta hormat pada atasan. Beri penilaian pada masing-masing calon, bandingkan, lalu saring yang terbaik.

2. Utamakan Karyawan Lama Anda
Jangan terburu-buru untuk mencari karyawan baru bila Anda sudah memiliki karyawan lama. Mempertahankan karyawan lama masih lebih baik, karena mereka telah berpengalaman dan mengetahui seluk-beluk bisnis Anda. Anda hanya perlu memberi training kepadanya, selanjutnya biarkan dia yang belajar sendiri. Mempertahankan karyawan lama juga akan menghemat pengeluaran Anda dalam menggaji karyawan.

3. Cari yang Ahli Jangan yang Mempesona
Pilih kandidat yang memiliki keahlian sesuai dengan yang Anda cari dan di posisi tersebut ia telah memiliki pengalaman. Untuk tenaga penjual, baiknya tidak memilih yang hanya menarik secara penampilan, tapi juga yang dapat bernegosiasi dan berdiplomasi dengan lawan bicara. Jangan pula menempatkan seseorang pada posisi tersebut hanya karena ia memiliki keahlian pada posisi yang lain padahal posisi tersebut tidak Anda butuhkan.

4. Diterima dalam Tim
Memiliki skill yang mumpuni ternyata belum cukup bagi seorang karyawan. Cari yang dapat bertanggung jawab pada tugasnya dan memiliki attitude yang baik pada Anda sebagai atasan dan rekan kerja. Apalagi bila jam kerja dari pagi sampai sore dan libur dalam sepekan hanya 1 hari. Tentu waktu lebih banyak dihabiskan di kantor daripada di rumah. Oleh karenanya, memiliki komunikasi yang baik dan dapat bekerja sama dengan tim menjadi sebuah syarat mutlak yang dimiliki oleh seorang karyawan.

5. Beri Masa Percobaan
Portofolio dan hasil wawancara mungkin menjadi dokumen tertulis yang menerangkan bagaimana profil sang pencari kerja. Namun jangan sampai Anda terlalu terpesona dengan itu semua. Beri mereka masa percobaan selama 1- 3 bulan. Bila Anda telah terlanjut mempekerjakannya namun ternyata tidak sesuai dengan yang dia tulis dalam surat lamaran, Anda memiliki hak untuk memberhentikannya. Bila Anda dalam situasi ragu apakah menerima atau tidak, baiknya Anda cari kandidat lain yang mana Anda lebih yakin dapat menerimanya.

Bila Anda telah memiliki karyawan yang tepat, berikan ia pelatihan dan pengembangan untuk keahliannya. Buat mereka betah untuk bekerja di tempat Anda. Jangan ragu untuk memberi bonus bila ia memberikan kontribusi yang baik untuk bisnis Anda. Hal itu akan membuatnya termotivasi untuk melakukan yang lebih baik bagi bisnis Anda. Seorang karyawan butuh diperhatikan, diapresiasi, dan dihargai. Perhatian tidak semata harus bersifat materi, tapi juga empati.

Demikian artikel tips mencari karyawan untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat! 

Sumber: humancapitaljournal.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Mencari Karyawan untuk Bisnis Anda"

Posting Komentar