Ini Nih Strategi Promosi Gratis di Dunia Maya


Strategi Promosi Gratis


Banyak pelaku bisnis yang memperhitungkan betapa besarnya biaya untuk melakukan promosi online ditambah dengan perlunya sumber daya manusia yang terlatih untuk me-maintenance. Mari kita sama-sama bilang bahwa anggapan itu salah, karena cara untuk dapat berpromosi online dengan biaya murah masih cukup banyak bahkan gratisan. Untuk mengelolanya pun tidak mesti dibutuhkan orang yang mahir IT dan bidang sejenis.

Tapi meski Anda sudah menyiapkan toko online untuk dipromosikan di dunia maya, tidak lantas Anda dapat bersantai menunggu situs Anda muncul di halaman pertama pencarian google. Anda tetap harus melakukan pemasaran dan tentunya dibutuhkan strategi yang tepat namun tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Lalu strategi apa yang harus dilakukan untuk membuat toko online Anda?

Strategi Pemasaran SEO
      1.   Hindari menggunakan menu javascript dan image link, dikarenakan mesin pencarian tidak dapat mendeteksi javascript. Anda dapat menggunakan HTML sederhana bagi situs toko online Anda.
      2.   Tulis konten berkualitas dengan memberikan informasi yang berkualitas dan deskripsi yang menarik terhadap blog toko online Anda. Baiknya sebuah konten akan mempengaruhi traffic pada sebuah situs blog.
      3.   Gunakan kata kunci secukupnya. Hindari menggunakan kata kunci secara berlebihan, karena hal itu tidak akan mempengaruhi hasil pada traffic. Cukup gunakan kata kunci yang unik dengan berfokus pada tittle tag.
      4.   Anda dapat mencari situs lain yang memiliki kesamaan dengan situs toko online Anda. Anda dapat bertanya, apakah di situs tersebut Anda dapat menulis sebagai gues post dan nantinya memberikan back link ke situs toko online Anda.
      5.   Konten yang fresh. Meskipun Anda hanya menjual kursi lipat, konten Anda harus selalu baru dan diupdate setiap waktu. Mesin pencari hanya akan mencari konten terbaru, sehingga situs toko online Anda harus selalu diperbaharui.

Strategi Pemasaran Pelanggan
1.  Adakanlah kontes sewaktu-waktu. Hadiah dapat berupa salah satu produk yang Anda jual atau hadiah lainnya yang Anda miliki. Adanya kontes akan meningkatkan traffic pada situs Anda. 
2.  Buatlah banyak akun di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan Google+ agar Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan. Dengan cepat menjawab pertanyaan dari pelanggan akan menciptakan brand yang positif bagi bisnis Anda. 
3.  Word of mouth dapat menjadi cara pemasaran yang efektif untuk mempromosikan bisnis skala kecil. Pelanggan Anda harus benar-benar dilayani sebaik mungkin, sehingga bila mereka akan mengatakan sesuatu yang baik tentang bisnis Anda, orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman juga akan tertarik untuk membeli produk bisnis Anda. Jangan lupa, layanan after sales juga sangat penting Anda lakukan agar mereka berkenan untuk memberikan testimoni tertulis terhadap produk dan layanan Anda.
4.  Untuk menjaga para pelanggan agar tetap tertarik dengan produk toko online Anda, personalisasi komunikasi melalui email sangat penting untuk dilakukan. Anda dapat membuat profil tiap-tiap pelanggan dan membuat klasifikasi produk sesuai kebutuhannya.

Demikian artikel strategi promosi di dunia maya. Anda tidak perlu pusing lagi dengan biaya besar, karena melakukan promosi dengan biaya minim bahkan gratis sangat banyak caranya. 

Sumber: ukmbisnis.com


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Ini Nih Strategi Promosi Gratis di Dunia Maya"

Posting Komentar