Toko Online Terpercaya, Apa Saja Cirinya?

Toko Online Terpercaya

Penipuan dalam bisnis online makin marak saja terjadi. Hal itu membuat masyarakat belum berani untuk mulai berbelanja online. meskipun mereka sebenarnya tertarik terhadap barang yang ditawarkan, mereka masih saja khawatir dan ragu untuk memulai transaksi.


Wajar bila hal itu terjadi, dikarenakan dalam transaksi jual beli online, para konsumen tidak langsung bertatap muka dengan penjual. Beda bila transaksi dilakukan di pasar atau toko.

Salah satu kunci sukses transaksi online salah satunya yaitu rasa percaya diri dari konsumen agar berani memulai transaksi pembelian. Konsumen sendiri harus bisa menganalisa toko online mana yang dapat dipercaya dalam bisnis online dan tidak akan melakukan penipuan. Lalu apa cirinya untuk dapat mengetahui bisnis online yang terpercaya?

1.    Toko online yang memberikan informasi bisnis
Tulis informasi bisnis dengan jelas dan lengkap dalam toko online Anda. Serta cantumkan identitas diri Anda dengan mencantumkan alamat, nomor telepon, email, serta akun sosial media. Pada dasarnya konsumen merasa perlu bertanya mengenai informasi produk yang diinginkan kepada pemilik toko online.

2.    Toko online yang menampilkan deskripsi produk secara rinci
Bila bisnis online Anda menggunakan website, masing-masing produk harus Anda cantumkan deskripsinya dengan lengkap dan jelas. Yang paling pertama dan utama dilihat konsumen adalah foto produk. Usahakan foto produk Anda asli dengan pengambilan gambar yang berkualitas dan tidak mengambil dari website orang lain. Bila konsumen sudah terkesan dengan gambar, ia akan tertarik untuk membeli.

3.    Melayani dengan maksimal
Bila orang sudah terkesan, di sinilah pentingnya pelayanan. Konsumen pasti akan menghubungi Anda jika sudah tertarik untuk memesan. Respon Anda yang baik dan cepat akan mempengaruhi konsumen ke depannya ia akan membeli atau tidak. Layani mereka dengan sabar, beri pemahaman yang detail mengenai produk. Tak usah berpikir mereka akan jadi membeli atau tidak apalagi bila toko online Anda baru saja dirintis.

4.    Memberikan garansi
Toko online terpercaya akan menyediakan fasilitas garansi entah itu berupa pengembalian barang atau uang. Jadi bila sewaktu-waktu ada complain dari konsumen karena barang rusak, akan ada penggantian dengan barang yang masih baru. Memang hal ini akan cukup merugikan Anda, untuk itu antisipasi bahwa barang yang Anda kirimkan kepada konsumen adalah barang dengan kualitas baik.

5.    Menampilkan testimoni
Tampilkan testimoni dari konsumen Anda mengenai kepuasannya terhadap produk dan layanan Anda. Konsumen akan melihat kredibilitas Anda dari testimoni yang telah ditampilkan. Namun tidak perlu memikirkan hal ini apalagi mengambil testimoni dari toko online lain bila bisnis Anda baru dirintis. Perbanyaklah promosi dan terus memberikan citra bahwa toko online Anda adalah toko online yang dapat dipercaya.


Demikian artikel ciri-ciri toko online terpercaya. Semoga Anda bisa menjadi lebih dari sekadar toko yang bisa dipercaya. Sukses selalu!

Sumber: ukmbisnis.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Toko Online Terpercaya, Apa Saja Cirinya?"

Posting Komentar