Sebagai seorang pelaku usaha, kita dituntut menghadapi berbagai macam konsumen dengan perilaku yang beraneka ragam. Ada konsumen yang ramah dan tanpa banyak bicara menerima penawaran kita dengan baik, ada juga konsumen yang cukup banyak menuntut. Dan ada juga konsumen yang sangat detail dan sulit mengambil keputusan apakah jadi membeli produk atau tidak. Lalu terakhir ada konsumen pasif yang kurang tertarik dengan penawaran yang kita berikan.
Kadang kita dibuat kerepotan oleh perilaku mereka yang bisa
membuat pemasaran produk kita jadi terkendala. Namun sebagai seorang pengusaha,
kita harus bisa belajar mengenal perilaku para konsumen kita dan merencanakan
strategi pemasaran yang tepat dengan perilaku mereka.
Berikut kami informasikan berbagai karakteristik perilaku
konsumen yang sering kita temui di lapangan dan bagaimana cara menghadapinya.
Konsumen Agresif
Mereka adalah tipe orang yang tidak suka membuang-buang
waktu dengan menginginkan hasil yang optimal. Oleh sebab itu, jangan banyak
basa-basi ketika Anda menghadapi konsumen yang agresif. Berikan informasi
secukupnya tentang produk dengan langsung pada intinya. Buat mereka yakin
dengan menginformasikan keunggulan yang dapat mereka peroleh dari produk yang
ditawarkan. Bila sudah membuat mereka yakin, kemungkinan mereka untuk membeli
produk kita sangat besar.
Konsumen Ramah
Menghadapi konsumen ramah amatlah menyenangkan. Namun bukan
berarti kita bisa menanggapinya sebelah mata dan tidak melakukan strategi
pemasaran apapun guna menarik perhatian mereka. Bila kamu mendapat konsumen
ramah, sambut keramahan tersebut dengan berusaha menjadi teman mereka.
Terjalinnya hubungan baik secara tidak langsung dapat membangun loyalitas
antara konsumen kepada Anda. Sehingga mereka tidak akan ragu untuk terus
berlangganan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Konsumen Kritikus
Perilaku konsumen yang satu ini sangat teliti dan senang
mengkritisi produk yang kita tawarkan. Untuk bisa meyakinkan model konsumen
seperti ini, berikan informasi yang rinci dan lengkap. Pastikan semua point
yang tuliskan bisa mereka pahami. Karena mereka akan terus menggali informasi
tambahan termasuk membandingkan dengan lapak lain, sebelum akhirnya memutuskan
berbelanja di lapak Anda.
Konsumen yang pasif
Bukan urusan mudah bagi pelaku bisnis untuk menghadapi
konsumen pasif seperti ini. Konsumen ini lebih banyak diam dan sulit tertarik
terhadap sebuah penawaran. Oleh sebab itu sebagai pelaku bisnis kamu harus jeli
untuk bisa mengambil hati mereka. Tawarkan produk apa yang sedang mereka
butuhkan. Mereka tertarik untuk membeli produk yang menjadi kebutuhan mereka,
bukan yang sedang menjadi trend atau terkini.
Setelah
perilaku mereka telah Anda pelajari, Anda dapat
perlahan memberikan pelayanan terbaik bagi mereka. Karena biar
bagaimanapun, konsumen adalah raja yang memiliki peranan penting
terhadap suksesnya sebuah bisnis seorang pelaku usaha. Kenali perilaku
konsumen yang kamu miliki, dan berikan layanan terbaik kepada mereka.
Semoga sukses!
Sumber: bisnisukm.com
Sumber: bisnisukm.com
0 Response to "Ini Dia Perilaku Konsumen yang Wajib Kamu Kenali"
Posting Komentar