Ini Dia Perilaku Konsumen yang Wajib Kamu Kenali


Sebagai seorang pelaku usaha, kita dituntut menghadapi berbagai macam konsumen dengan perilaku yang beraneka ragam. Ada konsumen yang ramah dan tanpa banyak bicara menerima penawaran kita dengan baik, ada juga konsumen yang cukup banyak menuntut. Dan ada juga konsumen yang sangat detail dan sulit mengambil keputusan apakah jadi membeli produk atau tidak. Lalu terakhir ada konsumen pasif yang kurang tertarik dengan penawaran yang kita berikan.


Kadang kita dibuat kerepotan oleh perilaku mereka yang bisa membuat pemasaran produk kita jadi terkendala. Namun sebagai seorang pengusaha, kita harus bisa belajar mengenal perilaku para konsumen kita dan merencanakan strategi pemasaran yang tepat dengan perilaku mereka.
Berikut kami informasikan berbagai karakteristik perilaku konsumen yang sering kita temui di lapangan dan bagaimana cara menghadapinya.
Konsumen Agresif
Mereka adalah tipe orang yang tidak suka membuang-buang waktu dengan menginginkan hasil yang optimal. Oleh sebab itu, jangan banyak basa-basi ketika Anda menghadapi konsumen yang agresif. Berikan informasi secukupnya tentang produk dengan langsung pada intinya. Buat mereka yakin dengan menginformasikan keunggulan yang dapat mereka peroleh dari produk yang ditawarkan. Bila sudah membuat mereka yakin, kemungkinan mereka untuk membeli produk kita sangat besar.
Konsumen Ramah
Menghadapi konsumen ramah amatlah menyenangkan. Namun bukan berarti kita bisa menanggapinya sebelah mata dan tidak melakukan strategi pemasaran apapun guna menarik perhatian mereka. Bila kamu mendapat konsumen ramah, sambut keramahan tersebut dengan berusaha menjadi teman mereka. Terjalinnya hubungan baik secara tidak langsung dapat membangun loyalitas antara konsumen kepada Anda. Sehingga mereka tidak akan ragu untuk terus berlangganan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Konsumen Kritikus
Perilaku konsumen yang satu ini sangat teliti dan senang mengkritisi produk yang kita tawarkan. Untuk bisa meyakinkan model konsumen seperti ini, berikan informasi yang rinci dan lengkap. Pastikan semua point yang tuliskan bisa mereka pahami. Karena mereka akan terus menggali informasi tambahan termasuk membandingkan dengan lapak lain, sebelum akhirnya memutuskan berbelanja di lapak Anda.

Konsumen yang pasif
Bukan urusan mudah bagi pelaku bisnis untuk menghadapi konsumen pasif seperti ini. Konsumen ini lebih banyak diam dan sulit tertarik terhadap sebuah penawaran. Oleh sebab itu sebagai pelaku bisnis kamu harus jeli untuk bisa mengambil hati mereka. Tawarkan produk apa yang sedang mereka butuhkan. Mereka tertarik untuk membeli produk yang menjadi kebutuhan mereka, bukan yang sedang menjadi trend atau terkini.
Setelah perilaku mereka telah Anda pelajari, Anda dapat perlahan memberikan pelayanan terbaik bagi mereka. Karena biar bagaimanapun, konsumen adalah raja yang memiliki peranan penting terhadap suksesnya sebuah bisnis seorang pelaku usaha. Kenali perilaku konsumen yang kamu miliki, dan berikan layanan terbaik kepada mereka. Semoga sukses!

Sumber: bisnisukm.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Ini Dia Perilaku Konsumen yang Wajib Kamu Kenali"

Posting Komentar