Tips Membangun Bisnis dari Awal Hingga Sukses Berkembang




Membangun bisnis bukan tentang “bermimpi setinggi-tingginya”. Banyak indikator untuk memastikan tingkat keberhasilan suatu bisnis. 

Bila kamu seorang wirausahawan, tujuan utama memiliki bisnis pasti ingin membuat usahanya sukses. Bukan perkara mudah mila ingin membangun bisnis dari nol. Sudah banyak cerita pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol kemudian berkembang dan sukses membangun bisnis besar, adapula pengusaha pemula yang jatuh di tahun pertama karena mereka kehabisan nafas baik berupa tenaga, ide, sampai materi.

Lalu bagaimana kiat mereka membangun bisnisnya sampai sukses dan terhindar dari kegagalan yang berulang-ulang? Pertama yang harus Anda lakukan adalah memulai rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas ketika dijalani dan kaya akan inovasi.

Hal ini tentu saja memerlukan perencanaan yang baik dan keterampilan organisasi. Memiliki rencana bisnis yang terperinci dan menyeluruh memang sangat penting demi mengembangkan bisnis yang sedang dirintis.
Sebagai pengusaha, kamu pun harus punya gairah untuk tujuan bisnis kamu. Apakah kamu termasuk? Kita akan bahas, bagaimana memulai bisnis dari 'nol' sampai sukses. Berikut tips membangun bisnis kamu menjadi sukses dan besar:  

    1.     Atur Diri Sendiri

Sejak awal, kamu harus pandai mengatur diri sendiri. Bila itu sudah dilakukan, jalan menuju sukses akan semakin mudah. Mahir mengorganisir diri sendiri akan sangat membantu saat kamu menghadapi masalah di tempat kerja.

Biasakanlah membuat daftar pekerjaan dengan menuliskannya pada buku kecil. Periksa apa yang sudah kamu kerjakan di hari ini dan mana yang terlewat. Bila hal ini dilakukan secara konsisten, kamu akan mudah mengelola pekerjaan setiap harinya.

Sebaiknya biasakanlah membuat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan dan cek daftar yang kamu tulis, periksa apa saja yang sudah kamu kerjakan. Dengan cara ini akan mudah mengelola pekerjaan kamu setiap harinya.

2. Sesuai dengan Passion
Sebelum memilih bisnis yang akan dijalani, kenali diri kamu sendiri. Apa kemampuan dan passion mu?
Pastikan bisnis yang akan dijalani sesuai dengan kemampuan, bakat, minat dan passion kamu.
Ketika bisnis yang dipilih sesuai dengan passion, maka kamu dapat menjalankannya dengan senang hati. Tak hanya itu, Anda akan memelihara dan mengembangkannya tanpa rasa bosan.

3. Ciptakan Visi, Misi, dan Tujuan yang Jelas
Setiap perjalanan pastilah memiliki tujuan. Demikian pula dengan bisnis. Tujuan yang jelas penting agar kamu bisa tetap fokus dan melangkah dengan pasti. Nah, untuk mencapai tujuan, kamu perlu menciptakan visi dan misi agar bisnis semakin terarah dan terstruktur dengan baik. 

Jika bisnis kamu telah berada di jalan yang tepat, maka akan lebih mudah untuk mengembangkannya. Selain itu, kamu juga bisa menentukan langkah antisipasi terhadap kemungkinan adanya rintangan yang menghadang perjalanan bisnis kamu mencapai tujuan. 

4. Jika mendapat masalah, catat secara rinci
Menyimpan catatan rinci setiap masalah seperti kesalahan saat transaksi, maka akan membantu kamu mengetahui bagaimana kondisi finansial dan apa potensi serta tantangan yang akan dihadapi.
Dari hal ini akan berkembang strategi bisnis yang bisa membantu mengatasi tantangan tersebut dan memberikan arah yang tepat untuk usaha kamu.

5. Perbaiki kesalahan
Saat masalah bisa dihadapi, jadikan itu sebagai pelajaran terbaik. Perbaiki kesalahan yang pernah terjadi. Satu hal lagi, jadilah unik, sebisa mungkin jangan meniru atau ikut-ikutan model bisnis dari orang lain, carilah sesuatu yang sangat berbeda. Karena dengan berbeda dari yang lain, maka kamu pun akan punya gaya sendiri dalam menyelesaikan permasalahan.

6. Jangan terus mikir, tapi lakukan!
Sejatinya para entrepreneur yang telah sukses membangun kerajaan bisnisnya juga mengawali langkah dengan mempertimbangkan banyak hal. Namun tentunya tak hanya sekadar mempertimbangkan saja, tetapi juga beraksi untuk mewujudkan segala mimpi-mimpinya. Jadi, siapkah kamu untuk beraksi menggapai kesuksesan?

7. Tetap fokus
Kebanyakan orang biasanya meninggalkan usaha saat sudah setengah jalan karena alasan mengalami kerugian. Hal ini akan berkesan bahwa kamu hanya menjalani bisnis dengan setengah hati.
Sebaiknya catatlah sesuatu hal yang bisa menghalangi fokus kamu, bahkan jika kamu menemukan kesulitan untuk membuat usahamu menguntungkan.

8. Mengatasi peniru
Jika kamu berbisnis di barang-barang kreatif, kemungkinan besar bisnis tersebut bisa ditiru orang lain. Karenanya kamu harus cukup kuat untuk mempertahankannya. Salah satu rencana yang baik adalah mengikuti sistem "inovasi yang berkelanjutan", karena dengan cara inilah peniru kamu tidak bisa mengejar inovasi yang kamu ciptakan.

9. Buat cadangan keuangan
kamu tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan uang tunai. Jadi bijaksanalah dengan segala pengeluaran dan simpan juga beberapa uang cadangan untuk hal-hal tak terduga, karena kondisi dan nasib buruk bisa saja datang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu!

Untuk menciptakan sebuah bisnis yang sukses, kamu sebenarnya tidak harus benar-benar terlibat langsung dengan usaha tersebut, tetapi akan lebih baik jika memiliki inovasi yang berkelanjutan sambil tetap menyadari persaingan bisnis yang ada di sekitar kamu.

10. Have a big dream
Setiap enterpreneur yang sukses 'wajib' memiliki mimpi besar yang ingin diwujudkan. Boleh saja bagi siapapun memiliki angan-angan dan mimpi yang tinggi terhadap kehidupan di masa mendatang.
Bermimpilah dan wujudkanlah mimpi itu! Jangan biarkan mimpi-mimpi besar kamu hilang karena pikiran-pikiran negatif dan keraguan yang timbul dalam benak kamu. 

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Membangun Bisnis dari Awal Hingga Sukses Berkembang"

Posting Komentar